Monday, December 04, 2006

Transgender

Baru rasanya kemarin saya menonton acara Oprah Winfrey. Yang bahasnya dengan topik transgender. Tapi rasanya disini juga ada (Indonesia) loh itu juga kalo mereka mau mengungkapkannya. Omong – omong bagi yang belum mengetahui apa itu transgender simak aja tulisan ini.

Transgender merupakan salah satu bentuk menyimpangan jiwa atau diri seseorang yang merasa bahwa mereka tidak seperti diri sendiri. Maksudnya apabila anda seorang pria tapi jiwa atau kepribadian anda seperti seorang wanita dan ingin merubah langsung identitas diri anda dari pria menjadi wanita. Penyebab dari transgender itu bisa banyak hal, tapi yang paling banyak cuma dua yaitu:

1. Pengaruh dari proses kehamilan orang tua. Maksud dari ini adalah sewaktu kita masih dalam embrio pertumbuhan sel otak lebih cepat daripada pertumbuhan tubuh kita. Akibat dari ini adalah dimana otak kita telah menetapkan kondisi bahwa diri kita ini adalah wanita (misalnya loh) tetapi dalam pertumbuhan tubuh kita malah menjadi pria. Setelah tubuh kita sempurna dan telah dilahirkan kedunia dengan seiring waktu kita bertumbuh dewasa, pikiran atau otak kita menyadari ada yang salah dengan tubuh kita. Sehingga terjadilah penolakan jiwa kita terhadap tubuh yang telah dibentuk sejak kecil.

2. Pengaruh lingkungan. Lingkungan mempunyai peran yang cukup besar dalam membentuk jiwa seseorang. Apabila seseorang ditempatkan dilingkungan yang tepat maka orang itu akan tumbuh dengan normal, dan apabila orang tersebut ditempatkan dilingkungan yang salah maka orang itu pula akan menjadi tidak normal dalam pertumbuhannya.

Terus terang saya kaget banget ketika melihat acara itu. Ternyata di US lebih terus terang dalam permasalahan transgender ini. Saya melihat ada anak perempuan mengubah dirinya menjadi anak laki – laki karena dia merasa tidak suka dengan wujudnya sekarang. Dia merasa bahwa dia adalah laki – laki bukanlah perempuan yang bisa dilihat dengan mata normal manusia. Saya kepikiran bagaimana kalo dia sudah dewasa…???? Khan cewek punya siklus bulanan, belum lagi tumbuh “lemak” yang bisa bikin jakun orang naik turun he he he ?. Apakah dia juga melakukan operasi plastik dengan membuat dia menjadi seorang pria?? Wah kalo itu saya juga gak tau ya 0_0! Ada yang paling parah lagi seorang pria telah menikah selama 7 tahun dan memiliki 4 orang anak berterus terang kepada istrinya bahwa dia ingin menjadi seorang wanita. Apa istrinya gak kaget mendengar berita seperti itu. Kalo saya mencoba merasakan perasaan istrinya wah gak kebayang gimana rasanya, perasaannya. Pokoknya kacau. Tapi untunglah istrinya mau menerimanya dan langsung mengajukan CERAI! Tapi yang hebatnya meskipun dia sudah ganti kelamin menjadi wanita dia tetap menjadi ayah bagi anak – anaknya.

Transgender bukanlah sebuah aib bagi orang tua. Banyak orang tua sekarang sering memaksakan kehendak dan impian orang tua kepada anaknya. Akibatnya bisa lihat pada masa yang akan datang. Persoalan ini bisa diselesaikan dengan konsultasi dengan orang yang ahli di bidangnya. Soalnya banyak orang tua yang merasa gak tau mau gimana dan berbuat apa terhadap anaknya jadi maksa aja deh tuh anak sesuai dengan keinginan orang tuanya. Salah satu masalah besar dari transgender yaitu kasus bunuh diri yang cukup wah. Itu di US tapi kalo disini saya juga kurang tau. Akhir kata untuk persoalan ini cuma bisa dibahas dengan orang yang mengalami transgender yaitu pendekatan secara kekeluargaan dan konsultasi dengan para ahli yang paham dengan masalah ini.

Kalo anda mau tau contoh transgender di Indonesia salah satunya yaitu Dorce Gamalama dan almarhum Joko S aka Avi Stavia .

No comments: